Friday, February 16, 2018

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Apa itu Link Nofollow ?

Dalam posting ini saya akan menjelaskan tentang Apa itu Link Nofollow dan Link Dofollow Serta Contohnya. Khususnya untuk pemula yang baru mengenal SEO ataupun orang yang masih belum mengerti Apa itu Nofollow dan dofollow sebenarnya ?

Setiap kali kita berbicara tentang optimasi mesin pencari, beberapa kata umum yang sering kita dengar adalah nofollow, dofollow, noindex, doindex, meta robot dan sebagainya. dan tahukan anda Semua hal tersebut memegang peranan yang sama pentingnya dalam Optimasi SEO. Tapi yang harus anda ketahui lebih dahulu saya tidak akan mebahas secara mendalam topik kita kali ini dan hanya akan merangkum garis besarnya saja.

Lihat Juga: Cara Membuat Link Nofollow dan Dofollow

Baiklah Semoga postingan ini bermanfaat buat anda.

Link Nofollow

Pertama kali Nofollow diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Matt Cutts dan Jason Shellen, Link Nofollow adalah nilai atribut HTML yang digunakan untuk menginstruksikan robot mesin pencari bahwa link tersebut jangan di indeks search engine. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi keefektifan beberapa jenis spam mesin pencari, sehingga meningkatkan kualitas hasil search engine dan mencegah terindeksnya Spam di halaman pertama. Kegunaan Link Nofollow ini biasanya hanya dijadikan untuk sebuah Link Rujukan sebagai Penguat sebuah Postingan atau Artikel. dalam penerapanya Link ini diikuti oleh atribut rel='nofollow'.

Contoh Link Nofollow:

<a href="http://www.blogezia.com/" rel="nofollow"> Blogezia.com </a> 

Link Dofollow

Jika link Nofollow memerintahakan mesin pencari untuk tidak mengindeks tautan yang beratribut  rel='nofollow', Link dofollow adalah kebalikannya. link jenis ini menginstruksikan semua Mesin Pencari untuk mengindeks tautan dan halaman yang di beri atribut dofollow tersebut. Menurut pakar seo penggunaan atribut dofollow pada sebuah link sangat bagus untuk membuat Link Building. selain itu atribut dofollow juga digunakan untuk mencari Backlink. dalam penerapanya Link ini diikuti oleh atribut rel='dofollow'.   

Contoh Link Dofollow
<a href="http://www.blogezia.com/">Blogezia.com</a> 

Catatan:
Secara default semua Link adalah dofollow. Jadi, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk membuatnya menjadi link dofollow.

Pemberitahuan Penting: Baru-baru ini Google telah mengumumkan bahwa mereka masih akan menghitung link nofollow sebagai tautan keluar dalam hal distribusi peringkat halaman dari blog dan Artikel Anda di mesin pencari.

Google juga menambahkan penempatan link nofollow pada sebuah postingan memiliki dampak berbeda pada hasil perayapan. Menempatkan link nofollow di bagian bawah halaman memiliki dampak paling kecil, dan bila ditempatkan di bagian atas halaman, ada beberapa dampak yang ditimbulkan.

Penutup

Usahakan setiap membuat link keluar selalu gunakan atribut nofollow misalnya tautan afiliasi ataupun tautan blog yang kemungkinan mengandung Spam di Postingan Artikel blog anda.

0 comments

Post a Comment